Enterpeneurship

Cara Meningkatkan Sales Performance dengan Teknik Perceived Value

Indopreneur.id – Setiap pengusaha pasti menginginkan omset atau pendapatan yang dapat terus mengalami peningkatan. Nah, untuk menaikkan performa penjualan sendiri akan dibutuhkan suatu teknik tertentu, yang salah satunya adalah dengan teknik perceived value. Teknik ini memungkinkan kamu untuk memberikan harga yang lebih tinggi dari produk sejenisnya. Lalu, bagaimana cara meningkatkan sales performance dengan menerapkan teknik ini?

Jual Produk dengan Harga Tinggi dengan Kualitas yang Sesuai

Sampai saat ini, kualitas masih menjadi acuan dan dasar manusia dalam menentukan harga sebuah barang atau produk. Semakin tinggi kualitas yang dimiliki sebuah barang, maka semakin tinggi pula harganya. Hal ini akan dipercaya dan selalu diyakini oleh konsumen. Kamu tak perlu susah payah membujuk konsumen untuk membeli produk tersebut.

Karena konsumen mampu menilai dan memahami yang mana produk yang berkualitas dengan harga yang setara dengan produk yang tidak berkualitas tetapi harganya selangit. Selain itu, para konsumen pun akan dengan sukarela mengeluarkan uang untuk produk yang dibanderol mahal demi kualitas dan kenyamanan saat dikenakan. Untuk itu, cara meningkatkan sales performance yang pertama tentu menaikkan harga sesuai kualitasnya.

Baca juga:   Tak Lagi Rumit, Kini Buka Usaha Cukup Pakai Nomor Izin Berusaha (NIB)

Namun, kamu juga harus tahu lebih dulu akan kualitas produk yang kamu jual sebelum menaikkan harga. Jangan takut karena tak laku, kamu pun memasang harga rendah dan akhirnya malah rugi dan tak mampu menutup modal produksi. Pembeli juga akan melabeli produk mu sebagai ‘murahan’.

Berikan Garansi

Siapa pun konsumennya, pasti suka membeli barang yang ada garansinya. Sehingga, hal ini juga menjadi salah satu cara meningkatkan sales performance. Tentunya, garansi atau timbal balik ini sangat diperlukan untuk konsumen demi kelangsungan penggunaan produk tersebut.

Karena keberadaan garansi ini selain menimbulkan kepercayaan di hati konsumen, juga mampu meningkatkan rasa nyaman serta aman dalam penggunaan produk mu selama beberapa waktu tertentu. Kadang, demi mendapatkan garansi, konsumen tak peduli berapa nilai harga dari produk yang akan dibeli.

Baca juga:   3 Alasan mengapa Indonesia Minim Entrepreneur

Bonus yang Menarik

Selain kualitas dan garansi, cara meningkatkan sales performance yang ampuh lainnya yaitu memberikan bonus yang menarik. Meskipun bonus yang diberikan tak seberapa, seperti aksesoris, nyatanya hal ini mampu menarik perhatian pembeli. Setelah menerapkan pemberian produk, kamu bisa menaikkan harga produk tersebut sesuai pangsa pasar.

Umumnya, orang akan tertarik melihat bonus yang kamu tawarkan walau produk yang dijual sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. Sehingga, kamu pun harus pintar-pintar memilih bonus yang memang menarik mata untuk menjadi daya pikat produk mu.

Tunjukkan Fungsi Produk secara Maksimal

Tidak sedikit para pengusaha merasa tertipu dengan metode penurunan harga yang dijalankan. Bukannya mendapatkan pelanggan yang banyak, mereka malah tidak mampu meningkatkan penjualan. Fakta dan kenyataan memang menunjukkan tidak semua cara meningkatkan sales performance bisa jitu seperti strategi tersebut.

Inilah yang menjadi alasan para pedagang besar jarang memasang harga murah. Jadi, daripada kamu fokus pada strategi penurunan harga. Kamu bisa berkonsentrasi untuk menambah dan menunjukkan fungsi produk mu secara maksimal. Mengapa? Tentu saja saat seorang konsumen mengetahui fungsi produk secara maksimal, orang akan rela membayar mahal untuk mendapatkan fungsi-fungsi tersebut. Inilah yang kemudian terjadi pada produk smartphone atau ponsel pintar yang memiliki fungsi maksimal di dalamnya.

Baca juga:   Dari Mana Bisnis Besar Itu Di Mulai

Template atau Kolom untuk Review  Konsumen

Kamu juga bisa menyediakan template khusus atau kolom di website apabila menjual secara online yang bisa diisi oleh pelanggan yang terpuaskan akan belanja produk darimu. Dari sana, kamu mampu menarik perhatian para pelanggan lainnya. Cara meningkatkan sales performance yang ini pun tergolong efektif.

Bagaimana dengan kelima cara meningkatkan sales performance di atas? Nyatanya, ada banyak teknik untuk bisa meningkatkan performa penjualan. Bukan hanya teknik penurunan harga saja. Yuk coba beberapa teknik di atas.

Leave a Reply

Follow & Support Us!!

Indopreneur.id menyajikan informasi dan berita terbaru entrepeneurship, startup, UKM, marketing, finansial, dll.