Enterpeneurship

Kekurangan Modal untuk Berbisnis? Ini 5 Cara untuk Dapatkan Modal Usaha dengan Mudah

Indopreneur.id  – Hampir setiap orang menginginkan kesuksesan finansial dalam hidupnya. Salah satu cara untuk mencapai hal tersebut adalah dengan memulai bisnis. Hanya saja kenyataannya, membangun bisnis tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Ada banyak langkah yang harus ditempuh, mulai dari menentukan ide usaha, menganalisa peluang, hingga menciptakan visi dan misi dari bisnis. Selain itu, masih ada hal penting lainnya yaitu menyiapkan modal untuk menggerakkan roda bisnis.

Modal merupakan hal yang paling krusial di sini. Bayangkan saja jika Anda punya ide brilian, tapi tak punya modal berupa uang. Tentunya aktivitas bisnis akan sulit untuk dikembangkan, kan? Maka dari itu, tak heran jika masalah modal kerap menjadi penyebab banyak orang mengurungkan niatnya untuk berbisnis. Namun jika ditelusuri lebih dalam lagi, sebenarnya ada banyak cara untuk mendapatkan modal bisnis. Lebih lengkapnya, berikut sumber dana yang bisa dipilih untuk membangun bisnis.

Baca juga:   Sharing sukses Jack Ma

Pinjam keluarga

Meminjam kepada keluarga atau teman bisa dibilang paling aman, karena bunga dan jangka waktu pengembaliannya bisa ditentukan berdasarkan negosiasi kedua belah pihak. Tapi mencari teman atau keluarga yang bersedia meminjamkan uang untuk modal bisnis bukan perkara mudah. Tak banyak orang yang percaya begitu saja untuk memberi uangnya, apalagi jika nominal dana yang dipinjam berjumlah besar.

Angel investor

Alternatif lain untuk menambah modal bisnis adalah dengan mencari angel investor. Angel investor merupakan seorang individu, atau kelompok, yang bersedia mendanai bisnis melalui penyertaan modal. Para investor ini biasanya memberikan dana untuk pengembangan bisnis online, atau biasa disebut start-up. Cara ini bisa dipilih jika bisnismu adalah bisnis yang berbasis online.

Kredit dengan jaminan

Anda juga bisa memanfaatkan aset untuk mendapat modal bisnis. Gunakan surat berharga seperti sertifikat rumah, STNK, BPKB, hingga SK Pegawai. Makin tinggi nilai jaminan, maka makin besar pula jumlah kredit yang akan diperoleh. Apabila Anda membutuhkan bantuan kredit dalam jumlah besar hingga ratusan juta bahkan miliaran, Anda bisa coba menjaminkan surat rumah. Tenang saja, aset yang Anda miliki masih bisa digunakan meski dijadikan jaminan.

Baca juga:   Berharta Rp 527 T, Jack Ma Alibaba Ternyata Pernah Bangkrut

KTA (Kredit Tanpa Agunan)

Kalau Anda ingin kredit tanpa jaminan, Anda bisa memanfaatkan fasilitas Kredit Tanpa Agunan (KTA) untuk mendapatkan modal bisnis. KTA adalah produk pinjaman tanpa jaminan yang disediakan oleh bank. Umumnya, proses pendaftaran KTA membutuhkan kepemilikan kartu kredit, berbagai dokumen data diri, hingga proses survei beberapa kali.

Cicilan tanpa kartu kredit dari perusahaan multi-finansial

Seperti yang telah dikatakan di atas, pengajuan KTA pada umumnya membutuhkan kepemilikan kartu kredit dan proses yang lama. Tentunya hal ini akan menyulitkan Anda yang ingin segera memulai bisnis. Apabila Anda membutuhkan pinjaman tunai untuk memenuhi kebutuhan bisnis seperti membeli laptop, smartphone, atau barang-barang lainnya, Anda tak perlu repot mengajukan KTA untuk mendapat pinjaman tunai. Anda bisa mendaftar fasilitas cicilan tanpa kartu kredit seperti yang ditawarkan perusahaan multifinansial.

Baca juga:   Cara Meningkatkan Sales Performance dengan Teknik Perceived Value

Leave a Reply

Follow & Support Us!!

Indopreneur.id menyajikan informasi dan berita terbaru entrepeneurship, startup, UKM, marketing, finansial, dll.