MarketingStartupTeknologi

Dalam Bisnis Online, mana yang Paling Penting Media Sosial atau SEO?

Indopreneur.id  – Anda tentu ingin bisnis online Anda berjalan dengan maksimal dan menghasilkan keuntungan yang sebesar-besarnya bukan? Jika Anda sudah memiliki produk yang siap jual dan berencana untuk dijual secara online, sebaiknya Anda memahami strategi bisnis online terlebih dahulu.

Bisnis online dewasa ini semakin trend di kalangan masyarakat. Banyak alasan yang melatarbelakangi bisnis di dunia maya ini seperti ingin mendapatkan penghasilan tambahan atau mencari peluang usaha dengan memanfaatkan internet.

Jika Anda tertarik menjual produk secara online, maka hal pertama yang perlu Anda pahami  adalah platform apa yang digunakan untuk berjualan online. Anda tentu tidak asing lagi dengan media sosial dan market place yang bertebaran di internet. Semua platform yang ada bisa Anda manfaatkan.

Media Sosial Sebagai Sarana Bisnis Online yang Efektif

Ketika Anda memutuskan untuk berkecimpung dengan bisnis online, sasaran Anda adalah memnfaatkan secara maksimal media sosial yang ada atau mandaftar di market place. Agar penjualan semakin efektif, hal yang harus Anda lakukan adalah menyesuakan produk/jasa yang Anda jual dengan media yang akan digunakan.

Baca juga:   Cara Memasarkan Produk ke Luar Negeri dengan Online

Media sosial menjadi tempat yang paling diincar oleh sebagian besar orang yang hendak berjualan online. Anda hanya perlu menyesukan produk yang Anda jual dengan segmentasinya. Berjualan dengan memanfaatkan sosial media adalah bisnis yang sederhana tapi memiliki potensi mendapatkan keuntungan yang menjanjikan.

Mengoptimalkan Bisnis Online dengan Website, Media Sosial dan SEO

Website dan Media Sosial merupakan alat yang penting karena sangat mempengaruhi keberlangsungan bisnis Anda di dunia maya. Hampir setiap orang memanfaatkan ketiganya untuk memaksimalkan penjualan.

Maka tidak heran jika saat ini banyak sekali bidang jasa yang menawarkan SEO untuk memaksimalkan penjualan di website. Mungkin Anda sering bertanya manakah di antara media sosial dan SEO yang paling efektif dan manakah yang perlu dimaksimalkan?

  1. Memaksimalkan Penjualan Online dengan Memanfaatkan Media Sosisal
Baca juga:   Lima Cara Cermat Kembangkan Bisnis Tanpa Iklan

Jika diilustrasikan dengan sesorang yang hendak berjualan celana jeans? Akan lebih efektif jika memanfaatkan media sosial, karena mampu membangun komunikasi dengan pembeli sehingga pembeli dapat dengan mudah berkomunikasi secara langsung dengan penjual celana jeans tersebut.

  1. Memaksimalkan SEO berperan penting dalam penjualan di lapak online/website

Ketika Anda menggunakan website untuk sarana penjualan, maka hal yang terpenting adalah memaksimalkan Search Engine Optimization atau bisa diartikan ketika ada orang yang mencari produk yang Anda jual, maka produk yang Anda jual akan keluar.

Cara ini sangat efektif karena bisa memaksimalkan konten-konten yang terkait Anda jual di Website. Sehingga ketika orang mencari produk/jasa yang dibutuhkan konten-konten tersebut akan muncul di mesin pencarian.

Baca juga:   Fintech Patok Bunga 0,8%/Hari, KPPU Selidiki Potensi Kartel

Karena sangat efektif untuk melakukan penjualan, SEO ini berbeda dengan media sosial. Jika diistilahkan, media sosial organik yang tidak berbayar, sementara untuk SEO organik jika ingin maksimal maka harus berbayar.

Antara Media Sosial dan SEO, Mana yang Lebih Penting dalam Bisnis Online?

Inti dari Media sosial adalah membangun komunikasi secara langsung dengan pelanggan sementara SEO adalah cara untuk memaksimalkan agar produk yang kita jual bisa muncul ketika ada orang yang mencarinya.

Keduanya memiliki peran yang sangat penting dalam bisnis online, baik Media sosial maupun SEO memiliki peran pentin dalam bisnis jangka panjang. Jika Anda merupakan pebisnis pemula, Anda harus cerdas dalam memprioritaskan dengan cara yang mana Anda menjual produk.

Leave a Reply

Follow & Support Us!!

Indopreneur.id menyajikan informasi dan berita terbaru entrepeneurship, startup, UKM, marketing, finansial, dll.